Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Mengeluh, Tak Ada Yang Tak Baik Dari Takdir Allah, Bahkan Yang Pahit Sekalipun

Sahabat Dibaca Bagi umat Islam, adalah bagian dari iman yang wajib bersemayam di hati untuk mengimani takdir yang diberikan oleh Allah, baik maupun buruk. Sesungguhnya, keimanan akan membuat segala ketetapan-Nya menjadi ladang kebaikan, namun ada saja manusia yang enggan untuk beriman kepada takdir buruk.
Mereka mengeluh saat menerima kepahitan hidup, sebagian putus asa dan memilih jalan pintas untuk lari dari segala kepedihan, bunuh diri. Naudzubillah min dzalik!

Sahabat, imanilah bahwa semua ketetapan Allah pasti baik. Kisah berikut mungkin dapat menginspirasi kita untuk tidak mengeluh dalam menghadapi segala ketetapan Allah Azza wa Jalla.


Alkisah, ada seorang yang shalih yang apabila ditimpa sebuah musibah atau mendapat cobaan, ia selalu berkata, “Ini adalah sesuatu yang baik.”

Pada suatu malam serigala datang memangsa ayam jagonya, ketika kejadian ini disampaikan kepadanya, maka ia pun berkata, “Ini adalah sesuatu yang baik.”

Kemudian pada malam itu pula, anjing penjaga ternaknya dipukul orang hingga mati, lalu kejadian ini disampaikan kepadanya. Ia pun berkata, “Ini adalah sesuatu yang baik.”


Tak berapa lama keledainya meringkik, lalu mati. Ia pun berkata, “Ini adalah sesuatu yang baik, insya Allah.”

Anggota keluarganya merasa sempit dan tidak mampu memahami mengapa ia mengucapkan perkataan itu. Namun, lelaki shalih itu tetap mengulang-ulang kalimat tersebut, "Ini adalah sesuatu yang baik, insya Allah.”

Saat malam meninggi, seluruh keluarga itu tertidur, dan pada malam itu sekelompok orang datang ke kampung mereka, membunuh semua orang yang ada di wilayah tersebut. Tidak ada yang selamat selain lelaki shalih dan keluarganya itu.

Ternyata, Orang-orang yang datang menyerang tersebut menjadikan suara ayam jago, gonggongan anjing, atau teriakan keledai sebagai indikasi bahwa sebuah tempat itu dihuni oleh manusia, sedangkan semua binatang milik lelaki shalih itu telah mati, jadi rumahnya dianggap tak berpenghuni.

Masyaallah...

Kematian semua binatang miliknya, sesuai dengan prasangkanya, merupakan kebaikan dan menjadi penyebab dirinya selamat dari pembunuhan. Maha Suci Allah Yang Maha Mengatur dan Maha Bijaksana.



Sahabat, seorang shalih dari kalangan tabi'in berpesan:

“Jika sesuatu menimpamu, janganlah engkau mengeluhkannya kepada seorang pun. Sesungguhnya manusia itu ada dua macam. Teman yang kamu susahkan dan musuh yang kamu senangkan.

Janganlah engkau mengeluhkan sesuatu yang menimpa dirimu kepada makhluk sepertimu yang tidak mampu mencegah bila hal serupa menimpa dirinya.

Akan tetapi, adukanlah pada Dzat yang memberi cobaan kepadamu. Karena Dialah yang mampu memberikan kelonggaran kepadamu."

Sahabat, semoga kita menjadi manusia-manusia yang ridha terhadap takdir baik maupun buruk. Karena sesungguhnya tidaklah sebuah musibah atau cobaan diberikan kecuali kita sanggup menahannya. Hanya seringkali kita yang masih terlalu rendah mengukur kemampuan diri kita.

Demikian sahabat artikel kali ini, semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Jangan Mengeluh, Tak Ada Yang Tak Baik Dari Takdir Allah, Bahkan Yang Pahit Sekalipun"