Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Tragis Pemilik Usus Terbesar Di Dunia " MEGAKOLON

Sejak duduk di bangku sekolah dahulu, tepatnya pada pelajaran biologi, kamu pasti tahu bahwa makanan yang kamu konsumsi harus dicerna terlebih dahulu menjadi zat yang cukup kecil agar bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Fungsi penting ini ternyata dimainkan oleh organ usus halus. Meskipun ia juga sering disebut juga usus kecil, usus halus adalah bagian terpanjang dari saluran pencernaan manusia. 
Pernah denger nggak manusia yang tidak buang air besar hampir di seumur hidupnya, yaitu sekitar satu bulan sekali. Pria yang tidak diketahui namanya ini dikenal dengan panggilan J.W., yang berasal dari Philadelphia, Amerika Serikat. Ia diketahui menderita kelainan yang disebut dengan megakolon kongenital, atau Hirschsprung. Ia mengalami sembelit sejak kecil.

Di usia 20 tahun ia mulai mencari nafkah dengan menggunakan perut besarnya untuk pertunjukkan sirkus di Philadelphia, ia diberi julukan `Wind Bag` alias `Kantong Angin` atau `Balloon Man` alias `Pria Balon`. Semasa hidupnya, sebenarnya dokter sudah mengetahui bahwa pembengkakan perut J.W. bukanlah sebuah kanker melainkan ususnya. Sayang sekali pada tahun 1890-an melakukan operasi adalah sesuatu yang bersifat resiko untuk kondisinya, mungkin belum adanya alat atau ilmu pengetahuan yang mendukung.

Penyakit itupun akhirnya membuat J.W. meninggal dunia di usia yang msih tergolong muda yaitu 29 tahun 
Ia ditemukan tewas di kamar mandi saat berusaha buang air besar ( wah kasian banget ya gan).
Usus J.W. lalu di awetkan dan hingga kini dipamerkan di Museum Mutter. Saat diotopsi usus pria ini memiliki panjang 25 kaki dan keliling 8 kaki dimana terdapat kotoran sebanyak tiga ember alias 20 kg.

Dalam kasus yang dilaporkan di Inggris, juga ada seorang gadis 16 tahun meninggal karena serangan jantung setelah dia tidak BAB selama 8 minggu. Menahan buang air besar sekitar 2 bulan menyebabkan usus besar membengkak, yang menekan rongga dada, menggeser organ lain yang menyebabkan kematian.

Beberapa tahun lalu seorang pemuda berusia 22 tahun berkebangsaan Cina yang bernama Zhou Hai mengeluhkan sakit parah dan juga perut besar yang seolah-olah mau meledak, setelah dilakukan pembedahan dokter mengeluarkan usus besarnya sepanjang 76 cm dan memilki berat 13 kg.
Penyakit Hirschsprung bisa didiagnosis sejak bayi baru lahir, pada hari pertama, apakah bayi tersebut bisa buang air besar selama 48 jam atau tidak. Penyakit ini juga tergolong langka.

Posting Komentar untuk "Kisah Tragis Pemilik Usus Terbesar Di Dunia " MEGAKOLON"