Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Ini Cara Terhindar Penyakit Dari Tikus Dirumah Secara Mudah

Tikus yang dirumah selalu membuat tak nyaman bagi siapapun penghuni rumah tersebut. Adanya tikus sangat rentan penghuni rumah bisa terjangkit penyakit yang dibawa oleh tikus tersebut. Namun jangan khawatir berikut cara mengatasinya

Saat ini banyak orang cemas dengan penyakit misterius yang diduga berasal dari tikus. Meskipun saat ini masih menunggu hasil penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut dan mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama


Salah satu penyakit yang berasal dari tikus adalah leptospirosis. Di musim hujan, kasus leptospirosis akan meningkat karena banyaknya genangan air yang bisa menjadi media penyebar penyakit. Terlebih tikus suka buang air sembarangan.


Berdasarkan informasi dari WebMD, penyakit leptospirosis disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans. Bakteri ini hidup di ginjal tikus. Bakteri dapat terbawa keluar melalui urine tikus yang tercampur di tanah maupun air. Bila masuk ke tubuh manusia, bakteri ini dapat menginfeksi.


Dalam kebanyakan kasus, leptospirosis menyebabkan flu selama seminggu. Tapi pada kasus yang lebih parah, penyakit akan membaik dan kemudian kambuh lagi. Kondisi ini disebut penyakit Weil yang membuat nyeri dada serta lengan dan kaki bengkak sehingga untuk penyembuhannya pasien membutuhkan rawat inap. Bahkan penyakit ini dapat menyebabkan gagal ginjal, meningitis, masalah paru-paru, dan merusak organ tubuh.


Oleh karenanya, penting bagi masyarakat untuk mengetahui gejala dan cara pencegahan leptospirosis. Gejala penyakit ini meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot, kulit dan mata menguning, muntah, diare, serta ruam kulit.


Untuk menentukan seseorang terserang penyakit ini atau tidak, biasanya dibutuhkan tes darah sebab gejalanya hampir mirip dengan penyakit lain.


Sementara itu, beberapa langkah untuk mencegah penyakit ini antara lain:


1. Hindari air yang terkontaminasi


Selalu usahakan untuk meminum air bersih yang tidak terkontaminasi. Hindari berenang di danau.


2. Menjauh dari tikus


Tikus dan hewan pengerat lainnya adalah pembawa utama bakteri ini. Usahakan untuk tidak bersentuhan langsung dengan hewan tersebut. Dan jika ada kotoran mereka segera bersihkan dengan desinfektan, air, sabun.


3. Gunakan desinfektan


Larutan asam dan yodium sangat mematikan bagi bakteri. Gunakan desinfektan tersebut di tangan. Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan rajin membersihkan diri sehabis bepergian.

Posting Komentar untuk "Lakukan Ini Cara Terhindar Penyakit Dari Tikus Dirumah Secara Mudah"