Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tema Hari Sumpah Pemuda Ke 95 Tahun 2023 Ini Manfaatnya Bagi Pemuda

Tema Hari Sumpah Pemuda Tahun Ini Akankah Mewakili Pemuda Dalam Persatuan dan Kesatuan

Setiap tahun tanggal 28 Oktober bangsa indonesia akan memperingati hari sumpah pemuda yang biasanya diperingati dalam bentuk acara, upacara, bhakti sosial maupun acara-acara yang mewakili peringatan hari sumpah pemuda karena sejarah terbentuknya sumpah pemuda ini adalah bukti dari persatuan dan kesatuan bangsa yang digalang oleh para pemuda terdahulu.

Sumpah pemuda


Sebagai pemuda apa yang ada dalam benak pikiran anda ketika peringatan ini dilaksanakan setiap tahunnya, apa sumbangsih kepada negara yang kita cinta ini melalui peringatan ini, apakah para pemuda juga sudah tahu alasan kenapa ini diperingati khusunya setiap oktober. Nah kalau belum maka kamu harus tahu dulu agar peringatan sumpah pemuda ini dapat mengena.

Apa Itu Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda adalah sebuah tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan indonesia. Ikrar ini dianggap kritalisasi semangat untuk menegaskan cita-cota berdirinya negara indonesia seperti dikutip dari Wikipedia Indonesia.

Selanjutnya tentang Kata Sumpah Pemuda sendiri merupakan sebuah keputusan yang didapat setelah terselenggaranya sebuah kongres para pemuda waktu itu. Kongres pemuda ini diselenggarakan pada tanggal 27 sampai 28 bulan oktober pada tahun 1928 bertempat di Batavia nama tempat dulu kalau sekarang namanya adalah Jakarta.

Sebenarnya kongres pemuda ini diselenggarakan tidak hanya satu kali melainkan beberapa kali dan yang menghasilkan rumusan cita-cita akan tanah air indonesa ya terjadi pada kongres kedua ini. Setelah mendapatkan kepeutusan yang penting ini lalu para pemuda menyiarkannya lewat beberapa media surat kabar waktu itu, selain itu hasil kongres ini juga selalu dibacakan setiap akan diadakan perkumpulan dan rapat-rapat penting.

Isi Sumpah Pemuda dan Maknanya

Hasil yang sangat penting sebagai pendongkrak cita-cita kemerdekaan Negara Indonesa itu sampai kini selalu dibaca setiap peringatan hari sumpah pemuda tanggal 28 oktober setiap tahunnya. Berikt adalah isi dan makna yang terdapat dalam sumpah pemuda

Pertama:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia.

Kedoea:

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Bunyi ketiga keputusan kongres dalam Ejaan Bahasa Indonesia (ejaan terbaru yang digunakan pada masa kini) dan berikut adalah ejaan dimasa kini tentang isi sumpah pemuda:


Pertama:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua:

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sejak Kapan Mulai Diperingati Hari Sumpah Pemuda

Peringatan Hari sumpah pemudah ini mulai dilakukan semenjak tahun 1959 yang ditetapkan memalui keputusan Presiden republik indonesia yaitu Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 dan disetiap tanggal ini sampai sekarang juga ditetapkan sebagai hari nasional tapi bukan hari libur.

Museum Sumpah Pemuda 

Museum sumpah pemuda


Terdapat juga museum untuk memperingati hari sumpah pemuda ini juga sahabat muda mau berkunjung. Museum ini bertempat di jakarta yang walanya gedung kramat 106 yang di pulgar dijasikan museum pemuda ini tahun 1973 lalu diberi nama gedung Sumpah Pemuda. Pada peringatan tahun ini jika ada waktu luang sahabat dibaca boleh menyempatkan untuk berkunjung disana

Tema Sumpah Pemuda Tahun Ini

Untuk Tema Sumpah Pemuda Tahun ini masih menunggu keputusan dan tema resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah negara republik indonesia. Harapannya tema akan sejalan dengan persatuan dan kesatuan indonesia yang bangkit dan berjuang setelah dilanda pandemi beberapa tahun belakangan ini. berikut adalah tema sumpah pemuda

1. Tema sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022

" Bersatu Bangun Bangsa "

Tema ini mengambil arti bahwa setiap pemuda di tahun ini harus bersatu untuk membangun bangsa setelah beberapa tahun belakangan ini dunia khususnya indonesia sedang pemulihan pasca dilanda pandemi. Kita yakin dengan semangat persatuan pemuda kita mampu untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik kedepannya

2. Tema Sumpah Pemuda ke 95 Tahun 2023

Manfaat Hari Sumpah Pemuda Bagi Pemuda

Sumpah Pemuda jelas memberi manfaat yang dapat dirasakan setiap pemuda jika mereka tahu bagaimana awal terbentuknya cita-cita bangsa ini dan bagaimana perjuangan para pemuda dari berbagai daerah yang rela jauh datang ke kongres pemuda di Batavia (kini jakarta) untuk merumuskan isi dan cita-cita perjuangan.

Jika kamu bayangkan dulu belum ada pesawat atau kapal sebesar kapal pelni yang mampu menempuh jarak papua ke jakarta dengan cepat. Secepatnya-cepatnya kapal besar pelni sekarang inipun bakal membutuhkan 7 hari untuk dapat sampai dijakarta menggunkan kapal apalagi waktu itu dan tidak bisa terbayang betapa perjuangannya.

Secara umum manfaat yang besar yang bisa pemuda dapatkan dari peringatan hari sumpah pemuda ini terbagi menjadi menjadi 4 besar seperti dikutip melalui Brain.ly yaitu sebagai berikut

Manfaat Penting

Mempererat persaudaraan

Mewujudkan kerukunan

Menumbuhkan semangat kerja keras

Semangat gotong royong dalam membangun bangsa

Berguna : Spanduk Hari Sumpah Pemuda

Kesimpulan 

Peringatan hari sumpah pemuda tahun ini harapannya para pemuda bisa tahu makna dan manfaat yang terdapat dalam peringatan hari sumpah pemudah tanggal 28 oktober ini. Sehingga bisa mempererat tali persaudaraan antar sesama, dapat menjadi landasan kerukunan antar masyarakat, dapat mengobarkan semangat kerja keras dalam diri pemuda dan bisa membuat semangat gotong-royong untuk kemajuan bangsa indonesia.

Setiap tanggal 28 oktober harus banyak diadakan kegitan kepemudaan yang bermanfaat karena pemuda adalah penerus bangsa yang perlu di mendapat perhatian khusus terkait pendidikan, wawasan atau meningkatkan SDM para pemuda.


Posting Komentar untuk "Tema Hari Sumpah Pemuda Ke 95 Tahun 2023 Ini Manfaatnya Bagi Pemuda"